INFORMASI  PENELITIAN

Revisi – Perpanjangan Penerimaan Proposal Baru Hibah Penelitian & Pengabdian Masyarakat Pendanaan Internal Batch-II Tahun 2019

Pendaftaran Ulang dan Rekrutmen Reviewer Penelitian

Dalam rangka membangun basis data reviewer penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan dalam rangka pemenuhan kebutuhan reviewer penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) akan melaksanakan proses pendaftaran ulang dan rekrutmen reviewer penelitian nasional dan reviewer pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini yang dimaksudkan sebagai reviewer penelitian nasional adalah reviewer penelitian yang penugasannya ditentukan oleh DRPM untuk mereview penelitian kompetitif nasional dan/atau penelitian penugasan. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Reviewer Penelitian Nasional bersertifikat (daftar nama pada Lampiran 1), Reviewer Penelitian Internal Perguruan Tinggi yang telah ditetapkan melalui Keputusan Pimpinan Perguruan Tinggi; dan Reviewer Pengabdian kepada Masyarakat (daftar nama pada Lampiran 2) dimohon melakukan pendaftaran ulang melalui aplikasi simlitabmas.ristekdikti.go.id dengan login NG2.0.

2. DRPM membuka kesempatan bagi para dosen untuk menjadi Reviewer Penelitian Nasional pada bidang-bidang kepakaran/kompetensi sebagaimana tersebut pada Lampiran 3. Adapun persyaratan yang diperlukan adalah sebagai berikut

  • Bertanggungjawab, berintegritas, dan jujur yang dinyatakan dengan pakta integritas;
  • Bersedia mematuhi kode etik reviewer dan sanggup melaksanakan tugas-tugas sebagai reviewer yang dinyatakan dengan surat pernyataan;
  • Berpendidikan Doktor;
  • Mempunyai jabatan fungsional serendah-rendahnya Lektor;
  • Berpengalaman melakukan penelitian sedikitnya 3 kali sebagai ketua pada penelitian kompetitif nasional dan atau pernah mendapatkan penelitian berskala internasional;
  • Memiliki publikasi ilmiah pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis utama (first author) dan atau penulis korespondensi (corresponding author) paling sedikit 5 untuk bidang saintek dan 3 untuk bidang sosial humaniora, atau produk ipteksosbud yang dilindungi paten;
  • Khusus untuk bidang seni, memiliki karya seni monumental yaitu karya seni yang pernah dipamerkan/dipentaskan dalam pertunjukan/mendapat rekognisi / mendapat penghargaan berskala nasional atau internasional;
  • Pernah menjadi pemakalah dalam seminar ilmiah internasional;
  • Memiliki h-index dari lembaga pengindeks internasional yang bereputasi minimal 5 untuk saintek, 3 untuk sosial humaniora, sedangkan untuk bidang seni tidak dipersyaratkan memiliki h-index.

3. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat juga membuka kesempatan bagi para dosen untuk menjadi reviewer Pengabdian kepada Masyarakat. Adapun persyaratan yang diperlukan adalah sebagai berikut

  • Bertanggungjawab, berintegritas, dan jujur yang dinyatakan dengan pakta integritas;
  •  Bersedia mematuhi kode etik reviewer dan sanggup melaksanakan tugas-tugas sebagai reviewer yang dinyatakan dengan surat pernyataan;
  • Berpendidikan Doktor dengan jabatan fungsional serendah-rendahnya Lektor; atau Magister dengan jabatan fungsional serendah-rendahnya Lektor Kepala;
  • Berpengalaman dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, sedikitnya:
    • pernah satu kali sebagai ketua pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat multi tahun dan satu kali sebagai Ketua dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat mono tahun (untuk reviewer mono tahun); atau
    • pernah satu kali sebagai Ketua dan satu kali sebagai anggota pelaksana pengabdian kepada masyarakat multi tahun, atau dua kali sebagai Ketua (untuk reviewer multi tahun); atau
    • pernah tiga kali sebagai pelaksana pengabdian kepada masyarakat dengan satu kali sebagai
      Ketua (untuk reviewer mono tahun)
  • Berpengalaman dalam publikasi ilmiah pada jurnal internasional, jurnal nasional bereputasi (Sinta 1 dan Sinta 2), dan atau jurnal nasional terakreditasi (Sinta 3) sebagai penulis utama (first author) atau penulis korespondensi (corresponding author);
  • Berpengalaman sebagai pemakalah dalam seminar ilmiah internasional dan atau seminar
    ilmiah nasional ;
  • Memiliki h-index 2 dari lembaga pengindeks internasional yang bereputasi, pengalaman dalam penulisan bahan ajar dan memegang KI

4. Waktu pendaftaran ulang bagi Reviewer Penelitian Nasional, Reviewer Penelitian Internal Perguruan Tinggi sebagaimana dimaksudkan pada butir (1) adalah tanggal 10 – 20 September 2019. Sedangkan waktu pendaftaran ulang bagi Reviewer Pengabdian kepada Masyarakat sebagaimana dimaksudkan pada butir (1) adalah tanggal 17 – 27 September 2019.

5. Waktu pendaftaran untuk menjadi calon Reviewer Penelitian Nasional sebagaimana dimaksudkan pada butir (2) adalah tanggal 10 – 20 September 2019. Sedangkan waktu pendaftaran untuk menjadi calon Reviewer Pengabdian kepada Masyarakat sebagaimana dimaksudkan pada butir (3) adalah tanggal 17 – 27 September 2019.

6. Hasil seleksi Reviewer Penelitian Nasional dan Reviewer Pengabdian akan disampaikan melalui akun masing-masing di simlitabmas pada tanggal 25 September 2019.

7. Petunjuk penggunaan aplikasi untuk pendaftaran ulang dan rekrutmen reviewer penelitian tercantum pada Lampiran 4. Petunjuk penggunaan aplikasi untuk pendaftaran ulang dan rekrutmen reviewer Pengabdian kepada Masyarakat akan disampaikan kemudian.

8. Bagi Reviewer Penelitian Nasional sebagaimana tercantum pada Lampiran 1 dan Reviewer Pengabdian kepada Masyarakat sebagaimana tercantum pada Lampiran 2 yang tidak melakukan pendaftaran ulang, maka status sebagai reviewer di simlitabmas otomatis akan menjadi non aktif. Demikian untuk diketahui, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Download Berkas:

  1. Pendaftaran ulang dan rekrutmen reviewer penelitian dan pengabdian
  2. Daftar Reviewer Penelitian yang Wajib Melakukan Pendaftaran Ulang
  3. Daftar Kebutuhan Reviewer Penelitian Nasional
  4. Panduan pendaftaran reviewer penelitian (revisi)

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat

TTD

Ocky Karna Radjasa
NIP 196510291990031001

Kewajiban unggah Laporan Kemajuan Penelitian, Catatan Harian dan Surat Pernyataan Tanggungjawab Belanja (SPTB)

Sesuai dengan Kontrak Penelitian Tahun Anggaran 2019, maka dengan ini kami sampaikan kepada Ketua LP/LPPM/UPPM PTN dan PTS untuk menginformasikan kepada seluruh dosen/peneliti penerima pendanaan penelitian dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat – Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan untuk segera mengunggah berkas – berkas berikut untuk kontrak penelitian tahun tunggal paling lambat tanggal 14 September 2019 dan kontrak penelitian tahun jamak paling lambat tanggal 16 November 2019:
1. Laporan kemajuan pelaksanaan penelitian, untuk kontrak penelitian tahun tunggal diunggah melalui Simlitabmas NG (sistem lama) sesuai dengan template terlampir dalam bentuk pdf maksimal 10 MB. Untuk kontrak penelitian tahun jamak, tata cara unggah laporan kemajuan akan disampaikan kemudian;
2. Catatan harian kontrak penelitian tahun tunggal maupun kontrak penelitian tahun jamak diunggah melalui Simlitabmas NG (sistem lama);
3. Surat Pernyataan Tanggungjawab Belanja (SPTB) atas dana penelitian yang telah ditetapkan (dana 100%);

  • SPTB penelitian tahun tunggal diunggah 2 (dua) kali yaitu 70% sebelum pencairan tahap 2 (dua) melalui Simlitabmas NG2.0 dan 100% kumulatif bersamaan dengan laporan akhir (tata cara unggah SPTB 100% akan disampaikan kemudian). Ketentuan ini berlaku pula untuk penelitian tahun tunggal dengan pencairan 100% (skema PDP, PPS-PDD, PPSPTM);
  • SPTB penelitian tahun jamak diunggah 1 (satu) kali bersamaan dengan laporan kemajuan penelitian tahun jamak tahun 2019 (tata cara unggah akan disampaikan kemudian); Adapun untuk pembuatan dan penyampaian SPTB harap mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    • Peneliti mengunggah SPTB di Simlitabmas dengan format dan ketentuan terlampir pada Peraturan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Nomor Per7/PB/2019 tentang perubahan atas Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor Per15/PB/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Anggaran Penelitian Berbasis
      Standar Biaya Keluaran Penelitian (terlampir);
    • Nomor Surat Keputusan diisi dengan Nomor Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan yang dapat dilihat pada Pasal 1 dalam Kontrak Penelitian TA 2019 antara PPK DRPM dengan LP/LPPM/UPPM/LLDIKTI;
    • Nomor Kontrak diisi dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. untuk PTN dituliskan nomor kontrak PPK DRPM dengan LP/LPPM/UPPM dan nomor kontrak LP/LPPM/UPPM dengan Peneliti;
      2. untuk PTS dituliskan nomor kontrak PPK DRPM dengan LLDIKTI, nomor kontrak LLDIKTI dengan LP/LPPM/UPPM dan nomor kontrak LP/LPPM/UPPM dengan Peneliti.
    • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja diunduh dan dicetak dari Simlitabmas, ditandatangani di atas Materai Rp. 6.000,- kemudian dipindai (scan) dan dikonversi ke format PDF, dan selanjutnya diunggah ke Simlitabmas;
    • Untuk PTS, fotokopi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja disampaikan kepada LLDIKTI Wilayah masing-masing untuk diadministrasikan dan disimpan sebagai arsip.

Selain itu, perlu kami sampaikan pula bahwa terkait monitoring dan evaluasi untuk kontrak penelitian tahun tunggal dan kontrak penelitian tahun jamak akan dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas NG2.0 setelah tanggal 16 November 2019. Terkait dengan pelaksanaan monitoring dan evaluasi perlu kami sampaikan hal – hal sebagai berikut:

  • untuk skema Penelitian Kompetitif Nasional monitoring dan evaluasi akan dilaksanakan oleh DRPM, kecuali bagi PTNBH;
  • untuk skema Penelitian Desentralisasi monitoring dan evaluasi dilakukan oleh masingmasing Perguruan Tinggi.

Kami mohon bantuan Saudara Ketua LP/LPPM/UPPM PTN dan PTS untuk memantau pengunggahan Catatan Harian, Laporan Kemajuan, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB) di Simlitabmas sesuai jadwal yang telah ditentukan.  Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Download Berkas:

  1. Surat Pemberitahuan Kewajiban unggah Laporan Kemajuan, Catatan Harian dan SPTB
  2. Template Laporan Kemajuan
  3. Peraturan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan No. Per-7_PB_2019

Direktur Riset dan Pengabdian
Masyarakat,

Ttd

Ocky Karna Radjasa

Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Kemenristekdikti

Kepada Yth:
Bapak/Ibu Dosen
Universitas Islam Indonesia
Di Yogyakarta

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam rangka pengusulan proposal penelitian Kemenristekdikti tahun usulan 2019 pendanaan tahun 2020 – 2022, maka Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia (DPPM UII) akan menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Kemenristekdikti”. Kegiatan tersebut akan kami laksanakan pada:

Hari, Tanggal : Selasa, 13 Agustus 2019  
Pukul : 12.30 – selesai
Tempat : Ruang Sidang DPPM UII Kompleks Masjid Ulil Albab Lt.3 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang Km 14.5 Yogyakarta

Untuk itu kami mengundang Bapak/Ibu Dosen Universitas Islam Indonesia untuk hadir pada kegiatan tersebut. Dimohon Bapak/Ibu untuk dapat membawa laptop pada pelaksanaan kegiatan tersebut. Pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui link http://bit.ly/pendaftaran-bimtek-proposal, info lebih lanjut bisa menghubungi sekretariat DPPM UII Telp (0274) 898444 Ext 2503 atau WhatsApp 081328751170.
Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jadwal Bimtek Penyusunan Proposal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Ristekdikti 2019

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bersama ini kami kirimkan Surat Pemberitahuan Penerimaan Proposal Penelitian Kemenristekdikti Tahun 2019 untuk Pendanaan Tahun 2020 – 2022. Berikut surat dan panduan penyusunan proposal terlampir. Adapun dalam rangka penerimaan proposal Penelitian Kemenristekdikti tersebut Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia (DPPM UII) membuka Bimtek Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang Insya Allah akan diadakan setiap hari selasa, rabu, dan jumat pukul 13.00 – 16.00 WIB (Pengabdian Masyarakat), sedangakan setiap hari kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 16.00 WIB (Penelitian) selama masa pengusulan proposal.

LINK PEMBERITAHUAN PENERIMAAN PROPOSAL PENELITIAN RISTEKDIKTI 2019
http://bit.ly/pemberitahuan-penerimaan-proposal-penelitian-ristekdikti

LINK MATERI WORKSHOP & KLINIK PROPOSAL PENELITIAN RISTEKDIKTI
http://bit.ly/materi-klinik-penelitian-ristekdikti

LINK MATERI WORKSHOP & KLINIK PROPOSAL PENGABDIAN RISTEKDIKTI
http://bit.ly/materi-klinik-pengabdian-ristekdikti

Demikian atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Materi Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Penulisan Publikasi – Profesor Oki Muraza

Download Materi Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Penulisan PublikasiProfesor Oki Muraza

Penerimaan Proposal Penelitian Tahun 2019 untuk Pendanaan Tahun 2020-2022

Dalam rangka seleksi proposal penelitian tahun 2019 untuk pendanaan tahun 2020 – 2022, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat membuka kesempatan bagi para dosen Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mengusulkan proposal penelitian. Perlu kami sampaikan bahwa untuk proposal penelitian, anggota peneliti bisa berasal dari dosen perguruan tinggi yang berbeda (termasuk perguruan tinggi di luar Kemenristekdikti), lembaga litbang, atau institusi lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Adapun skema penelitian yang dibuka untuk penerimaan proposal pada tahun 2019 ini adalah sebagai berikut.

1. Kategori Kompetitif Nasional, meliputi skema:

a. Penelitian Dasar (PD)

b. Penelitian Terapan (PT)

c. Penelitian Pengembangan (PP)

d. Penelitian Dosen Pemula (PDP)

e. Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi (PKPT)

f. Penelitian Tim Pascasarjana (PTP)

    • Penelitian Tesis Magister (PTM)
    • Penelitian Disertasi Doktor (PDD)
    • Penelitian Paska Doktor (PPD)

2. Kategori Desentralisasi, meliputi skema:

a. Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT)

b. Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT)

c. Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT)

Berkaitan dengan penerimaan proposal penelitian tahun 2019 ini perlu kami sampaikan hal-hal sebagai berikut

1. Proposal dibuat dengan mengikuti ketentuan Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII Revisi Tahun 2019 (Lampiran 1).

2. Pengusulan proposal dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat simlitabmas.ristekdikti.go.id dengan LOGIN NG 2.0. Teknis pengusulan mengikuti Panduan Pengusulan Penelitian Tahun 2019 (Lampiran 2).

3. Proposal ditulis dengan menggunakan format yang diunduh dari simlitabmas.ristekdikti.go.id. Prosedur unduh format proposal tercantum dalam Panduan Pengusulan Penelitian Tahun 2019 (Lampiran 2)

4. Proposal dan Rincian Anggaran Belanja (RAB) dibuat secara keseluruhan sesuai dengan durasi penelitian yang akan dilaksanakan.

5. Proposal yang tidak mengikuti ketentuan pada Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII Revisi Tahun 2019 dan/atau tidak menggunakan format yang diunduh dari simlitabmas.ristekdikti.go.id tidak akan diikutsertakan dalam penilaian (review) secara substantif.

6. Pengusulan proposal dibuka tanggal 18 Juli 2019 – tanggal 18 Agustus 2019 dan approval oleh Ketua LP/LPM/LPPM dibuka tanggal 20 Juli – 20 Agustus 2019.

7. Proposal yang tidak di-approve oleh Ketua LP/LPM/LPPM dianggap tidak diusulkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dimohon

1. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi secara aktif mendorong Perguruan Tinggi di wilayah masingmasing untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas proposal yang diusulkan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

2. Ketua LP/LPM/LPPM segera menyampaikan informasi tersebut di atas kepada para dosen di Perguruan Tinggi masing-masing, dan secara aktif mendorong para dosen untuk mengusulkan proposal penelitian pada waktu yang telah ditentukan. Demikian untuk diketahui, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Download Berkas:

  1. Surat Pemberitahuan Penerimaan Proposal Baru 2019 pendanaan 2020-2022
  2. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII Revisi Tahun 2019
  3. Panduan Pengusulan Proposal Penelitian Ristekdikti 2019

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat,

Ttd

Ocky Karna Radjasa

NIP 196510291990031001

PENERIMAAN CALON REVIEWER PENELITIAN INTERNAL PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Nomor: 141/DirDPPM/10/DPPM/V/2019

Lamp. : 1 Eksemplar

Hal     : Rekruitmen Reviewer Penelitian dan Pengabdian Internal UII

Kepada Yth:

Bapak/Ibu Dosen

Universitas Islam Indonesia

Di Yogyakarta

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sehubungan dengan adanya surat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi perihal Pembenahan Data Reviewer Penelitian Internal Perguruan Tinggi surat nomor T/388/E3/RA.00/2019 tertanggal 9 Mei 2019. Menindaklanjuti hal tersebut, dengan ini kami bermaksud membuka kesempatan bagi Bapak/Ibu Dosen Universitas Islam Indonesia yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai reviewer internal perguruan tinggi, adapun persyaratan sebagai reviewer terlampir.

Bapak/Ibu Dosen yang berminat dan memenuhi syarat dapat mendaftar melalui form pendaftaran pada link berikut http://bit.ly/formrev_penelitian paling lambat tanggal 16 Mei 2019.

Demikian atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yogyakarta, 13 Mei 2019

Direktur DPPM,

Ttd

Dr. Eng. Hendra Setiawan, ST., MT

Download Berkas

  1. Surat Pemberitahuan
  2. Lampiran Surat

MATERI KLINIK KONSULTASI PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN KEMENRISTEKDIKTI

Sesi 1

Dr. Eng. Hendra Setiawan, ST., MT

Download Materi 1 – Pengantar Seleksi Proposal Baru

Download Materi 2 – Penilaian RAB dan Hasil Penelitian

Sesi 2

Abdul Hakim, S.E., M.Ec., Ph.D.

Download Materi – Tips Proposal Ristekdikti

( UPDATE PERPANJANGAN USULAN BARU INSINAS s/d 24 NOVEMBER 2018 ) – PENERIMAAN PROPOSAL INSENTIF RISET SISTEM INOVASI NASIONAL (INSINAS) PENDANAAN TAHUN 2019

Dengan ini kami sampaikan bahwa Direktorat Pengembangan Teknologi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada peneliti dan lembaga-lembaga riset serta Industri di Indonesia untuk mengajukan proposal Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (InSINas) pada skema InSINas – Riset Pratama untuk pendanaan tahun 2019 dengan jadwal sebagai berikut:

Pengusulan proposal Baru dan Lanjutan dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas NG 1.0 (Lama) dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Proses pengusulan mengikuti ketentuan sebagai berikut :

  1. Proposal yang diunggah harus sesuai dengan format di buku panduan, dan pembiayaan anggaran yang diajukan berbasis Peraturan Menteri Keuangan RI No.69/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2019, Sub Output Penelitian;
  2. Bagi pengusul dosen dari Perguruan Tinggi di bawah Kemenristekdikti yang belum mempunyai user dan password simlitabmas dapat menghubungi operator Simlitabmas di Perguruan Tinggi masing-masing. Bagi calon pengusul dosen yang sudah mempunyai user dan password dapat langsung menggunakan user dan password tersebut untuk mendaftarkan proposalnya;
  3. Bagi pengusul yang berasal dari institusi di luar lingkup Kemenristekdikti seperti LPK, LPNK atau Industri yang sudah mempunyai user dan password dapat langsung menggunakan user dan password tersebut untuk mendaftarkan proposalnya. Bagi pengusul yang belum memiliki user dan password diharuskan mengajukan permintaan Akun Insinas sebagaimana dijelaskan pada Panduan Program Insinas Tahun 2019;
  4. Panduan Program InSINas Tahun 2019 sebagaimana terlampir.  Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih. Informasi dan pertanyaan dapat melalui email insinas[at]ristekdikti[dot]go[dot]id

Jakarta, 2 November 2018
Direktorat Pengembangan Teknologi Industri,
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Gedung II BPPT, Lantai 20. Jl. MH. Thamrin Nomor 8 Jakarta Pusat

Download File:

  1. SURAT PENERIMAAN PROPOSAL INSENTIF RISET SISTEM INOVASI NASIONAL (INSINAS) PENDANAAN TAHUN 2019
  2. PANDUAN INSINAS 2019

Daftar Pengusul Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) yang dinyatakan lolos Pendanaan Tahun 2018 Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia

DAFTAR PENGUSUL YANG DI NYATAKAN LOLOS PENELITIAN DPPM UII TAHUN 2018

Pemberitahuan Proposal Penelitian dan Pengabdian DPPM

Nomor : 346 /DirDPPM/70/DPPM/XI/2018

Lamp. :  1 Bendel

Hal     :  Pemberitahuan Proposal Penelitian dan Pengabdian DPPM      

Kepada Yth:

Bapak/Ibu Dosen

Di Lingkungan Universitas Islam Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bersama ini kami sampaikan informasi penerimaan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat internal Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia (DPPM UII).

Penerimaan proposal ke Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)) dimulai pada tanggal 12 – 22 November 2018. Untuk itu kami mohon kepada Bapak/Ibu dapat berpartisipasi untuk mengajukan proposal. Informasi secara  lengkap ada di Term Of Reference (TOR) yang dapat di download pada web dppm uii (https://dppm.uii.ac.id) dan terlampir pada surat ini.

Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan  terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Download File:

  1. Surat Pemberitahuan Proposal Penelitian dan Pengabdian DPPM
  2. TOR-Panduan Penelitian DPPM 2018 ( Revisi-1 )
  3. TOR-Panduan Pengabdian Masyarakat DPPM 2018 ( Revisi-1 )

Yogyakarta, 9 November 2018

Direktur DPPM UII,

Ttd

Dr. Eng. Hendra Setiawan, ST., MT

PENERIMAAN PROPOSAL INSENTIF RISET SISTEM INOVASI NASIONAL (INSINAS) PENDANAAN TAHUN 2019

Dengan ini kami sampaikan bahwa Direktorat Pengembangan Teknologi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada peneliti dan lembaga-lembaga riset serta Industri di Indonesia untuk mengajukan proposal Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (InSINas) pada skema InSINas – Riset Pratama untuk pendanaan tahun 2019 dengan jadwal sebagai berikut:

Pengusulan proposal Baru dan Lanjutan dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas NG 1.0 (Lama) dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Proses pengusulan mengikuti ketentuan sebagai berikut :

1. Proposal yang diunggah harus sesuai dengan format di buku panduan, dan pembiayaan anggaran yang diajukan berbasis Peraturan Menteri Keuangan RI No.69/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2019, Sub Output Penelitian;

2. Bagi pengusul dosen dari Perguruan Tinggi di bawah Kemenristekdikti yang belum mempunyai user dan password simlitabmas dapat menghubungi operator Simlitabmas di Perguruan Tinggi masing-masing. Bagi calon pengusul dosen yang sudah mempunyai user dan password dapat langsung menggunakan user dan password tersebut untuk mendaftarkan proposalnya;

3. Bagi pengusul yang berasal dari institusi di luar lingkup Kemenristekdikti seperti LPK, LPNK atau Industri yang sudah mempunyai user dan password dapat langsung menggunakan user dan password tersebut untuk mendaftarkan proposalnya. Bagi pengusul yang belum memiliki user dan password diharuskan mengajukan permintaan Akun Insinas sebagaimana dijelaskan pada Panduan Program Insinas Tahun 2019;

4. Panduan Program InSINas Tahun 2019 sebagaimana terlampir.  Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih. Informasi dan pertanyaan dapat melalui email insinas[at]ristekdikti[dot]go[dot]id

Jakarta, 2 November 2018
Direktorat Pengembangan Teknologi Industri,
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Gedung II BPPT, Lantai 20. Jl. MH. Thamrin Nomor 8 Jakarta Pusat

Download File:

  1. SURAT PENERIMAAN PROPOSAL INSENTIF RISET SISTEM INOVASI NASIONAL (INSINAS) PENDANAAN TAHUN 2019
  2. PANDUAN INSINAS 2019

Panduan Pengusulan Proposal Lanjutan Tahun Pendanaan 2019

Menindaklanjuti surat kami nomor 3193/E3.4/LT/2018 tanggal 12 Oktober 2018, Bersama ini kami sampaikan Panduan Pengusulan Proposal Lanjutan Tahun Pendanaan 2019. Berkenaan dengan pengusulan proposal lanjutan tahun pendanaan 2019, mohon perhatian Saudara untuk hal-hal sebagai berikut :

1. Ketua LP/LPPM/UPPM segera menyampaikan kepada Ketua Peneliti multitahun baik kompetitif nasional maupun desentralisasi yang penelitiannya belum berakhir di tahun 2018 untuk mengajukan proposal lanjutan mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan tanggal 24 Oktober 2018.

2. Ketua LP/LPPM/UPPM melakukan persetujuan pengusulan (approval) mulai tanggal 24 Oktober sampai dengan tanggal 27 Oktober 2018

3. Pengusulan proposal lanjutan mengikuti Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII.

Informasi lebih lengkap dapat dibuka pada lampiran berikut:

Download File:

  1. Surat Panduan Pengusulan Proposal Lanjutan Tahun Pendanaan 2019
  2. Panduan Pengusulan Penelitian Lanjutan

Sumber Informasi: http://simlitabmas.ristekdikti.go.id ( Nomor: 3320/E3.4/LT/2018)

Unggah proposal penelitian lanjutan dan pelaksanaan monev eksternal

Sehubungan dengan akan berakhirnya pelaksanaan penelitian tahun 2018, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi akan segera melakukan monev eksternal dan penilaian proposal lanjutan bagi penelitian multitahun untuk menentukan keberlanjutan pendanaan penelitian pada tahun berikutnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, mohon perhatian Saudara untuk hal-hal sebagai berikut :

1. Ketua LP/LPPM/UPPM segera menyampaikan kepada Ketua Peneliti multitahun yang penelitiannya belum berakhir di tahun 2018 untuk mengunggah proposal lanjutan mulai tanggal 18 Oktober sampai dengan tanggal 24 Oktober 2018. Unggah proposal lanjutan mengikuti Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII.

Informasi lebih lengkap dapat dibuka pada lampiran berikut:

Download File :

1. Surat Unggah proposal penelitian lanjutan dan pelaksanaan monev eksternal

2. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII

Penerimaan Proposal Penelitian Gelombang II untuk Pendanaan Tahun 2019

Menyusul surat ristekdikti nomor 2276/E3/LL/2018 tanggal 24 Juli 2018 perihal Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk pendanaan tahun 2019, bersama ini kami sampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan partsipasi dosen tetap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam penelitian, ristekdikti membuka Penerimaan Proposal Penelitian Gelombang II untuk Pendanaan Tahun 2019 mulai tanggal 24 September sampai dengan 5 Oktober 2018. Proposal yang kami terima pada gelombang II ini adalah proposal baru (bukan proposal lanjutan dari penelitian multitahun yang didanai tahun 2018).

Skema yang dibuka pada gelombang II adalah sebagai berikut.
1. Skema Penelitian Kompetitif Nasional, meliputi:
a. Penelitian Dasar (PD)
b. Penelitian Terapan (PT)
c. Penelitian Pengembangan (PP)
d. Penelitian Dosen Pemula (PDP)
e. Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi (PKPT)
f. Penelitian Tim Pascasarjana (PTP)
– Penelitian Tesis Magister (PTM)
– Penelitian Disertasi Doktor (PDD)
– Penelitian Paska Doktor (PPD)

2. Skema Penelitian Desentralisasi, meliputi:
a. Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT)
b. Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT
c. Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT)

Pengusulan proposal mengikuti ketentuan Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII  (Lampiran 1) dan dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Teknis pengusulan mengikuti Panduan Pengusulan Penelitian 2018 (Lampiran 2).

Pada penerimaan proposal gelombang II ini diberlakukan beberapa ketentuan sebagai berikut.
1. Proposal penelitian yang telah diusulkan pada periode penerimaan proposal sebelumnya (Gelombang I) diharuskan melakukan perbaikan menggunakan aplikasi Simlitabmas Gelombang II. Perbaikan proposal dimaksudkan agar standar penulisan proposal memenuhi ketentuan Panduan Edisi XII sehingga dapat meningkatkan peluang untuk didanai.

2. Proposal yang telah diperbaiki harus disubmit/dikirim ulang, selanjutnya diproses persetujuannya oleh Ketua LP/LPPM menggunakan aplikasi Simlitabmas Gelombang II. Panduan perbaikan proposal beserta prosedur persetujuan dapat dilihat pada Lampiran 2.

3. Pengusulan proposal dibuka sampai tanggal 5 Oktober 2018 dan approval dibuka sampai tanggal 7 Oktober 2018. Pada proses approval, Ketua LP/LPPM tidak diberikan menu “Perlu Perbaikan”. Apabila dipandang perlu untuk memberikan feedback kepada peneliti untuk melakukan perbaikan mohon disampaikan langsung kepada peneliti.

4. Proposal yang status approval “ditolak” oleh Ketua LP/LPPM tidak dapat diperbaiki.

5. Proposal yang tidak di-approve oleh Ketua LP/LPPM dianggap tidak diusulkan ke DRPM.

Download Berkas:

  1. Surat Resmi Penerimaan Proposal Penelitian Gelombang II untuk Pendanaan Tahun 2019
  2. Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII
  3. Panduan Pengusulan Penelitian 2018

Sosialisasi Penerimaan Proposal Baru Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti Pendanaan Tahun 2019

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UII mengadakan kegiatan dengan tema “Sosialisasi Penerimaan Proposal Baru Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti Pendanaan Tahun 2019” pada hari Selasa, 14 Agustus 2018 bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU UII) dengan Pembicara oleh Rektor UII Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D & Direktur DPPM  Dr. Yulianto P. Prihatmaji., IPM., IAI Berikut materi sosialisasi terlampir.

Download File:

  1. Materi 1 (Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D) Tidak ada materi
  2. Materi 2 (Dr. Yulianto P. Prihatmaji., IPM., IAI) Pending
  3. Video Tutorial Penggunaan Simlitabmas Proposal Usulan Baru 2018 – Google Drive

Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019

Kami sampaikan dengan hormat bahwa Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada dosen tetap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk mengajukan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan tahun 2019. Proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat diajukan sesuai dengan skema pendanaan sebagai berikut.

1. Penelitian

1.1 Kategori Kompetitif Nasional, meliputi skema:

  • Penelitian Dasar (PD)
  • Penelitian Terapan (PT)
  • Penelitian Pengembangan (PP)
  • Penelitian Dosen Pemula (PDP)
  • Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi (PKPT)
  • Penelitian Tim Pascasarjana (PTP)
    1. Penelitian Tesis Magister (PTM)
    2. Penelitian Pendidikan Magister Menuju Doktor Sarjana Unggul (PMDSU)
    3. Penelitian Disertasi Doktor (PDD)
    4. Penelitian Paska Doktor (PPD)

1.2 Kategori Desentralisasi, meliputi skema:

  • Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT)
  • Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT)
  • Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT)

2. Pengabdian Kepada Masyarakat, kategori kompetitif nasional meliputi skema:

  • Program Kemitraan Masyarakat (PKM)
  • Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS)
  • Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK)
  • Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD)
  • Program Pengembangan Unit Produk Intelektual Kampus (PPUPIK)
  • Program Kemitraan Wilayah (PKW)
  • Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM)
  • Program Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)

Pengusulan proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon Saudara berkenan menginformasikan program dimaksud kepada dosen di lingkungan kerja Saudara dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Bagi LP/LPM/LPPM yang belum mempunyai user dan password Operator Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dapat mengajukanmelalui surel (e-mail) resmi LP/LPM/LPPM ke [email protected] dengan subjek “Permohonan User dan Password Operator” dan mencantumkan kode perguruan tinggi sesuai dengan yang terdaftar di laman forlap.ristekdikti.go.id. Bagi LP/LPM/LPPM yang sebelumnya sudah mendapatkan user dan password Operator untuk kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dapat langsung menggunakan user dan password tersebut.
  2. Tahap pengusulan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat secara daring dimulai tanggal 24 Juli sampai dengan 24 Agustus 2018.
  3. Sesuai dengan ketentuan pada Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XII Tahun 2018, bahwa pada tahun yang sama, seorang dosen hanya diperbolehkan terlibat pada dua judul penelitian dan dua judul pengabdian kepada masyarakat, yaitu masing-masing satu judul sebagai ketua dan satu judul sebagai anggota atau dua judul sebagai anggota.
  4. Khusus untuk pengusul yang memiliki h-Index ≥ 2 untuk bidang sosial – humaniora dan h-Index ≥ 3 untuk bidang sains-teknologi yang didapatkan dari lembaga pengindeks internasional bereputasi, dapat mengajukan usulan penelitian hingga tidak lebih dari empat usulan (dua sebagai ketua dan dua sebagai anggota; atau satu sebagai ketua dan tiga sebagai anggota; atau empat sebagai anggota).
  5. Khusus untuk skema Penelitian Pascasarjana, pengusul dapat mengajukan paling banyak lima usulan baik sebagai ketua maupun anggota tidak termasuk ketentuan poin 3 dan 4.
  6. Apabila penelitian atau pengabdian yang dihentikan sebelum waktunya akibat kelalaian peneliti/pelaksana pengabdian atau terbukti memperoleh pendanaan ganda atau mengusulkan kembali penelitian atau pengabdian yang telah didanai sebelumnya, maka ketua peneliti/pelaksana pengabdian tersebut tidak diperkenankan mengusulkan penelitian atau pengabdian yang sumber pendanaannya dari DRPM selama 2 tahun berturutturut dan diwajibkan mengembalikan dana yang telah diterima  ke kas negara.
  7. Usulan Dosen yang masih belum mengunggah catatan harian, laporan akhir, laporan pertanggungjawaban keuangan, surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM) dan bahan seminar hasil (artikel ilmiah, borang capian hasil, poster dan profil) program penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang diterima pada tahun sebelumnya, tidak akan diproses lebih lanjut.
  8. Ketua peneliti/pelaksana yang akan mendaftarkan dosen lain sebagai anggota tim harus mendapatkan persetujuan dari yang bersangkutan melalui Simlitabmas.
  9. Proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mengikuti ketentuan Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Pergururuan Tinggi Edisi XII tahun 2018.
  10. Untuk proposal penelitian, penganggaran mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 86/PMK.02/2017 dan justifikasi perincian anggaran yang diusulkan dicantumkan pada bagian akhir proposal.
  11. Untuk proposal Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2019 DRPM mendapatkan mandat dari Bappenas dan Kemnko PMK untuk melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat pada desa pilot dan kawasan Desa Prioritas Nasional /KPPN (lampiran 1). Kami menghimbau Perguruan Tinggi terdekat dengan lokasi desa Pilot dan KPPN agar dapat mengajukan proposal Pengabdian kepada Masyarakat di lokasi tersebut.
  12. Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII Tahun 2018 dan Panduan Pengusulan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat melalui Simlitabmas sebagaimana terlampir.
  13. Pengaduan tentang masalah penerimaan proposal yang terkait dengan sistem, dapat menghubungi alamat email [email protected]

Demikian untuk diketahui, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat,

TTD

Ocky Karna Radjasa
NIP 196510291990031001

Download File:

  1. Surat Resmi Pengumuman Ristekdikti
  2. Lampiran Surat
  3. DRAF – Pengusulan Program Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Simlitabmas Tahun 2018.
  4. Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII Tahun 2018

Sumber Informasi: http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/

ARSIP BERITA PENELITIAN