UNDUH MATERI REVIEWER:

Prof. Dr. Is Fatimah, S.Si., M.Si. – Penulisan Artikel dalam Jurnal Internasional

 

Suasana saat Masduki menyampaikan materi: Cerdas Menulis Opini di Media, di ruang Adinata KBRI Singapura, Ahad 12 Mei 2024

(Singapura, 12 Mei) Universitas Islam Indonesia (UII), sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia, menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan jejaring internasional serta memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi warga negara Indonesia melalui layanan pengajaran, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.

Dalam upaya memperkuat kiprah di kancah internasional tersebut, UII telah menginisiasi program pengabdian masyarakat bagi diaspora Indonesia di Singapura dengan menggandeng Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Singapura. Skema program diwujudkan dalam serangkaian kegiatan, seperti diskusi terbatas dengan pihak Atdikbud KBRI Singapura, diskusi dengan berbagai komunitas diaspora Indonesia, penyelenggaraan workshop creative non-fiction writing  maupun studi lapangan ke komunitas diaspora Indonesia di Singapura. Diaspora Indonesia di Singapura sendiri saat ini jumlahnya sudah lebih dari 250.000 orang dengan beragam latar belakang profesi dan aktif dalam membangun bangsa sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Ir. Eko Siswoyo, S.T., M.Sc.ES., Ph.D, selaku Direktur DPPM UII dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara garis besar kerjasama tersebut bertujuan untuk menjalin kolaborasi akademik antara UII dengan diaspora Indonesia serta universitas dan komunitas akademik di Singapura. Sedangkan tujuan lainnya adalah untuk menyusun program jangka pendek dan panjang dalam pendampingan Warga Negara Indonesia (WNI) di Singapura, maupun meningkatkan kemampuan komunikasi publik WNI diaspora Indonesia  dalam pengembangan keterampilan hidup yang bisa diintervensi oleh UII. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah menyelenggarakan kegiatan workshop creative non-fiction writing yang dipandu oleh Prof. Dr.rer.soc. Masduki, S.Ag., M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut berbagai komunitas seperti Persatuan Pelajar Indonesia Singapura, Komunitas Muslim Indonesia Singapura, Persatuan Pelajar Universitas Terbuka Indonesia Singapura, Komisioner Pemberdayaan dan Kesetaraan Perempuan Indonesia, Komisioner Pekerja Migran Indonesia, dan Persatuan Sekolah Indonesia Singapura.

I Gusti Agung Ketut Satrya Wibawa (Atdikbud KBRI Singapura), menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UII atas inisiasi program kerjasama tersebut. Beliau berharap agar kegiatan dapat berkelanjutan mengingat kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh Atdikbud KBRI dalam membina berbagai komunitas diaspora Indonesia di Singapura.

Keseluruhan kegiatan mendapat tanggapan positif dari para peserta, dan rencananya akan ditindaklanjuti dengan pembuatan Memorandum of Agreement (MOA) kerjasama, pembentukan kelompok kerja, dan pelatihan menulis di media secara online maupun offline.

Flyer-IG Feeds (30 April 2024)

Perihal  : Undangan Keikutsertaan dalam The 1st International Symposium and Workshop on Medical Genetic Update: From Genomic to Clinic

Kepada Yth.

Bapak dan Ibu Calon Peserta

The 1st International Symposium and Workshop on Medical Genetic Update: From Genomic to Clinic

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah yang Maha Esa atas Rahmat, Hidayah dan Karunia-Nya. Shalawat serta salam kami curahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Universitas YARSI akan menyelenggarakan The 1st International Symposium and Workshop Medicals Genetic Update: From Genomic to Clinic” pada 16-18 Mei 2024. Simposium ini menghadirkan narasumber para pakar genetika manusia dari dalam dan luar negeri (Malaysia, Filipina, Thailand, Mesir dan Tunisia). Kegiatan ini merupakan wadah bagi para peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitian terkini secara oral dan poster, berdiskusi, dan menyempurnakan pengetahuan dan keterampilan peserta di bidang kesehatan khususnya di bidang genetika pada tahap seluler, biologi molekuler, genomik, genetika klinis, kanker, penyakit metabolik dan penyakit menular. Peserta adalah dokter klinisi, dosen dan mahasiswa S1/S2/S3 kedokteran dan ilmu kesehatan lainnya, serta para peneliti baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang diperkirakan akan berjumlah 250-300 peserta.

Kami selaku panitia kegiatan bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk berpartisipasi dalam acara tersebut dan mohon diteruskan kepada semua dosen dan mahasiswa di lingkungan institusi Bapak/Ibu. Pendaftaran Early Bird dan penerimaan abstrak diperpanjang hingga 4 Mei 2024 (tersedia 1 free registrasi bagi per 3 orang pendaftar (3 free 1). Khusus pendaftrar 3 free 1, harap menghubungi Dr. Juniarti di no wa. 081399259567). Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses melalui https://symposium.yarsi.ac.id/.

 

Demikianlah surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Hormat kami

Dr. Juniarti M.Si
Panitia

 

Kepada Yth:

Dekan

Di Lingkunag Universitas Islam Indonesia

Di Yogyakarta

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam rangka pendampingan karya ilmiah bagi Dosen di Lingkungan Universitas Islam Indonesia, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia (DPPM UII) akan menyelenggarakan “Workshop dan Klinik Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2024” yang Insya Allah akan kami selenggarakan pada:

Hari, Tanggal : Rabu, 22 Mei 2024
Pukul : 08.00 – 17.10 WIB (detail acara terlampir)
Tempat : Ruang Sidang Datar Lantai 2,

Gedung Kuliah Umum Dr. Sardjito,

Universitas Islam Indonesia

Sehubungan dengan hal ini kami memohon Bapak/Ibu dapat  menginformasikan kepada Dosen di lingkungan Fakultas Bapak/Ibu untuk hadir pada kegiatan tersebut. Pengiriman  artikel  yang  akan  diikutsertakan  melalui  tautan https://bit.ly/klinik-penulisan-jurnal-inter2024 paling  lambat  hari  Rabu,  14  Mei  2024.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yogyakarta, 3 Mei 2024,  

Direktur DPPM,

Ttd

Ir. Eko Siswoyo, ST., M.Sc.ES., Ph.D