Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Islam Indonesia

quot.jpg
31 Oktober 2014 : Batas Unggah Laporan Akhir Pada SIMLITABMAS DIKTI" 11 Desember 2014 : SEMINAR NASIONAL "Menuju Masyarakat Madani dan Lestari"
Prinsip Dasar Pelaksanaan KKN PDF Print
Senin, 14 Juni 2010

Prinsip Dasar KKN UII
Prinsip dasar pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Indonesia [KKN UII] adalah mahasiswa secara berkelompok dan interdisipliner melakukan pengebdian masayarakat di suatu komunitas atau kelompok masyarakat sasaran dalam kurun waktu tertentu.
Unsur kegiatan pengabdian masyarakat meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian dan dakwah Islamiyah dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan [DPL].

Paradigma KKN UII
Paradigma KKN UII adalah Humanis berbasis Information Technology (IT). Titik tekannya pada pendampingan dan pemberdayaan masyarakat yang mana antara mahasiswa, masyarakat dan stakeholders ada kesetaraan, dengan didukung Sistem Teknologi Informasi untuk menunjang kegiatan KKN yang efektif dan efisien.

Konsep KKN UII
Konsep KKN UII menggunakan prinsip pendampingan, pemberdayaan masyarakat, dimana mahasiswa bertindak sebagai fasilitator.
Pendampingan adalah suatu kegiatan konsultasi untuk memfasilitasi dan memotivasi dengan tujuan menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi oleh kelompok masyarakat.
Pemberdayaan adalah suatu upaya memulihkan atau meningkatkan keberdayaan suatu komunitas untuk mampu berbuat sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan hak-hak dan tanggung jawab mereka sebagai manusia dan warga negara.
Fasilitator yaitu seseorang yang mempunyai kemampuan dan bertugas untuk memfasilitasi dan memotivasi pelaksanaan pemberdayaan pada masyarakat sasaran.

Kompetensi

  1. Kompetensi Dasar
    Melalui KKN mahasiswa dan masyarakat diharapkan :
    • Memiliki pengetahuan, pemahaman dan wawasan kemasyarakatan (kompetensi pengetahuan).
    • Mampu melakukan identifikasi masalah, memecahkan masalah, mengambil keputusan, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi (kompetensi ketrampilan).
    • Mampu membangun kebersamaan, kejujuran, kesetaraan, dan kemandirian yang didasarkan pada nilai-nilai Islami (kompetensi nilai).
    • Mengemban misi Dakwah Islamiyah yang melekat pada setiap mahasiswa (kompetensi dakwah Islamiyah.
  2. Indikator Pencapaian KKN
    • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami kondisi sosial masyarakat.
    • Masyarakat memahami peran mahasiswa sebagai pendamping dalam melaksanakan program kemasyarakatan.
    • Mahasiswa bersama masyarakat mampu memecahkan masalah, mengambil keputusan, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi.
    • Mahasiswa bersama masyarakat mampu membangun kebersamaan, kejujuran, kesetaraan, dan kemandirian yang didasarkan pada nilai-nilai Islami.
    • Mahasiswa bersama masyarakat melaksanakan misi Dakwah Islamiyah dalam bentuk bilhal, bilkhitabah dan bilmaqol.