Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Islam Indonesia

quot.jpg
31 Oktober 2014 : Batas Unggah Laporan Akhir Pada SIMLITABMAS DIKTI" 11 Desember 2014 : SEMINAR NASIONAL "Menuju Masyarakat Madani dan Lestari"
BANK SAMPAH SEBAGAI ALTERNATIF METODE PENGELOLAAN SAMPAH PDF Print
Kamis, 22 Juli 2010

INFO KKNProgram ini terlaksana sebagai follow-up dari hasil pertemuan perdana tentang pengelolaan sampah berbasis masyarakat oleh Dr. -Ing. Ir. Widodo Brontowiyono, M.Sc pada 13 Juli lalu. Bertempat dirumah Ketua Rt 9 Dusun Jeblog Budi Hariyanto, acara dimulai pukul 19.00 WIB (16/7) sesuai dengan inisiatif dan kesepakatan warga. Program lanjutan ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Rt 8 dan 9 yang berjumlah 16 orang.
Urgensi diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan penjelasan pada perwakilan warga tentang langkah awal yang harus dilakukan untuk mengelola sampah yang ada di desa Jeblog. Pada kesempatan kali ini, Donan Wijaya, S. T selaku narasumber memberikan eksplanasi tentang aktifitas manusia yang selalu menghasilkan sampah serta pengelolaannya yang kurang optimal. Ulasan tentang sampah tadi disampaikannya sebagai prolog sebelum akhirnya pemateri memfokuskan diskusi pada metode pengelolaan sampah yang sesuai untuk karakteristik desa Jeblog. Hal ini mengingat bahwa masyarakat telah sepakat untuk mengelola sehingga fokus pertemuan ditujukan pada pemilihan metode.

Pemateri menawarkan dua metode pengelolaan sampah,  yaitu Recycle bank atau bank sampah dan swakelola sampah. Dalam diskusi kali ini, pemateri banyak mengeksplor tentang metode bank sampah sebab bank sampah memiliki nilai ekonomis yang lebih menguntungkan masyarakat dibandingkan dengan metode swakelola. Hal ini dikarenakan dalam swakelola membutuhkan sarana yang lebih dianding bank sampah, seperti tong sampah sentral untuk tiap 7-10 rumah, gerobak angkut dan sumber daya manusia untuk mengangkut sampah.
 “Bank sampah merupakan sebuah sistem pengelolaan sampah berbasis rumah tangga, dengan memberikan reward kepada mereka yang berhasil memilah dan menyetorkan sejumlah sampah” jelas Donan. “Sistem bank sampah ini memiliki beberapa keunggulan selain manfaatnya dibidang ekologis, metode ini juga berfungsi untuk memberdayakan masyarakat karena dengan menyetorkan sampah yang telah dipilah, masyarakat bisa mendapatkan keuntungan secara ekonomis” lanjutnya.
Foto Kegiatan KKN UII unit 90 di dusun Jeblog, Klaten
Pemilihan metode bank sampah ini disepakati oleh semua pihak yang hadir pada rapat lanjutan malam tersebut. “Iya kita menggunakan metode bank sampah saja” ujar peserta serempak pasca moderator menawarkan beberapa opsi terkait metode pengelolaan sampah. Pelatihan lanjutan kali ini menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu pembentukan kelembagaan bank sampah yang di koordinatori oleh Budy Hariyanto yang juga merangkap sebagai Ketua Rt 9, pemberian nama “Guyub Rukun” untuk kelembagaan bank sampah di dusun Jeblog dan rencana untuk pelatihan komposting komunal bagi warga untuk pekan depan.
Adapun struktur yang terbentuk dalam kelembagaan bank sampah tersebut meliputi pelindung, koordinator, manager operasional dan teller. Adapun tugas teller dalam kelembagaan bank sampah yaitu menerima dan membuat laporan hasil penjualan, membagikan hasil penjualan ke nasabah serta mengupdate kurs sampah. Sedangkan manager operasional yaitu menerima, menimbang, mencatat sampah yang nasabah setorkan, melakukan kontrol gudang serta menjual ke pengepul bila gudang sudah penuh. Dalam pelaksanaannya nanti, terdapat sistem bagi hasil antara masyarakat dan kelembagaan yaitu 85% penjualan untuk masyarakat dan 15% untuk kelembagaan.
Program bank sampah sebagai suatu alternatif pengelolaan sampah berbasis masyarakat di dusun Jeblog ini mendapatkan support dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII dan direkomendasikan untuk diajukan menjadi program pengabdian masyarakat yang berkelanjutan. Dengan demikian, kontrolling dan pembinaan akan tetap dilakukan di dusun ini meskipun kegiatan KKN telah usai demi menjaga sustainabilitas dan keberhasilan program. Dibimbing oleh Sonny Andrianto S. Psi., M. Si dan Donan Wijaya S. T, KKN UII unit 90 menjalankan program ini sebagai bentuk pengabdian UII secara institusi kepada seluruh warga Dusun Jeblog.
 
< Prev   Next >