Profil DPPM

DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
YOGYAKARTA

A. Pendahuluan

UII sebagai institusi perguruan tinggi melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) menjadikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu ujung tombak dalam merealisasikan tujuan UII yaitu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat (rahmatallil’alamin) sekaligus sebagai pengembangan universitas. Hal ini sekaligus perwujudan dari Catur Dharma UII yang mencakup kegiatan penelitian dan pengabdian  kepada masyarakat. DPPM adalah unsur pelaksana akademik yang mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta ikut membangun kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan. Sejak berdirinya, DPPM UII telah memfasilitasi dan mendorong sivitas akademika di lingkungan UII untuk mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat, baik secara berkelompok maupun individu. Untuk melaksanakan tugas, fungsi dan batasan program tersebut, DPPM UII dikembangkan melalui mekanisme koordinasi Bidang I UII, yaitu bidang yang dipimpin oleh Wakil Rektor I. DPPM-UII merupakan wadah bagi sivitas akademika untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat. Menghadapi dinamika animo mahasiswa yang mendaftar ke UII mangalami pasang surut dan tuntutan perkembanagan masyarakat yang begitu dinamis, maka UII telah menegaskan posisinya untuk berupaya meletakkan dasar menuju universitas riset (research university). Universitas riset dapat diartikan sebagai banyaknya hasil-hasil riset yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas, tetapi dapat juga sebagai ukuran banyaknya lulusan doktor yang dapat dicetak oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Sebagai upaya untuk mencapai optimalisasi perannya sebagai wadah bagi civitas akademika dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, DPPM melakukan sinergi dengan berbagai komponen masyarakat maupun institusi untuk bekerjasama dalam pengembangan pola dan konsepsi penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

B. Visi dan Misi
■ VISI
Menjadi Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dengan produktivitas dan kualitas tinggi serta mampu merespon kebutuhan masyarakat dan memberikan kemaslahatan kepada umat. dengan mengamalkan prinsip berilmu amaliah dan beramal ilmiah.
■ MISI
1. Melakukan upaya peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian yang dapat menunjang pengembangan pengetahuan dan pembangunan
2. Menghasilkan produk penelitian yang memiliki kontrubusi akademik kepada masyarakat
3. Melakukan upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat
4. Mewarnai kehidupan masyarakat melalui kegiatan KKN

C. Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)
1. Sebagai mediator secara institusi yang menghubungkan demand dan supply, problem dan solusi masyarakat dengan UII
2. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk kepentingan masyarakat
3. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang sains dan teknologi, serta sosial dan humaniora kepada masyarakat.

D. Arah Strategi Pengembangan
Kebijakan penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan DPPM diarahkan kepada upaya untuk mengangkat derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat, bersifat humanistik dan mencerminkan nilai-nilai Islami, serta menuju kepada penciptaan green urbanization dalam merespon fenomena pemanasan global. Dalam mencapai Visi dan Misinya tersebut, DPPM UII melakukan upaya-upaya strategis sebagai berikut:
1. Meningkatkan profesionalisme dan integritas tenaga peneliti
2. Meningkatkan program penelitian dan pengkajian yang berkualitas unggul

3. Meningkatkan kerjasama penelitian dan pengkajian dengan berbagai institusi
4. Melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN)
5. Menguatkan kapasitas manajemen organisasi
6. Meningkatkan sarana dan prasarana organisasi
7. Mengupayakan ketersediaan data berbasis teknologi informasi.

E. Program Kegiatan
Secara garis besar program kegiatan yang dilakukan oleh DPPM adalah:
1. Penelitian Bidang Sosial Humaniora dan Sains-Teknologi. Kegiatan ini bersifat reguler yang bertujuan untuk memfasilitasi dosen dan peneliti dalam melakukan kegiatan penelitian. Adapun kebijakan penelitian di lingkungan DPPM diarahkan kepada penelitian yang dapat mengangkat derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat, bersifat humanistik dan mencerminkan nilai nilai Islami. Secara umum, penelitian yang diselenggarakan di DPPM UII meliputi:
a. Penelitian Bidang Sosial dan Humaniora
b. Penelitian Bidang Sains dan Teknologi
c. Penelitian Bidang Jender
d. Penelitian Bidang Lingkungan Hidup
e. Penelitian Bidang Kesehatan
2. Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengabdikan karya dosen dan peneliti bagi masyarakat sebagai wujud implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini bersifat terbuka setiap waktu bagi dosen dan peneliti di lingkungan Universitas Islam Indonesia.
3. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di UII telah dimulai sejak tahun 1978. Adapun model pelaksanaan KKN selama ini mencakup lima (5) altematif, yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan kelonggaran waktu dan kecenderungannya. Kelima macam alternatif model KKN tersebut adalah Reguler 1 dan Reguler 2. Dalam perkembangan berikutnya, model KKN mahasiswa tersebut disinergikan dengan kegiatan penelitian dengan penambahan dua (2) model KKN baru, yaitu: KKN yang berbasis pengabdian masyarakat, dan KKN tematik.