Profil DPPM

[  Download PDF  ]

DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
YOGYAKARTA

 A. PENDAHULUAN

Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai institusi perguruan tinggi melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) menjadikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu ujung tombak dalam merealisasikan tujuan UII yaitu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat (rahmatallil’alamin) sekaligus sebagai pengembangan universitas. Hal ini sekaligus perwujudan dari Catur Dharma UII yang mencakup kegiatan penelitian dan pengabdian  kepada masyarakat. DPPM adalah unsur pelaksana akademik yang mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta ikut membangun kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan. Sejak berdirinya, DPPM UII telah memfasilitasi dan mendorong sivitas akademika di lingkungan UII untuk mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat, baik secara berkelompok maupun individu. Untuk melaksanakan tugas, fungsi dan batasan program tersebut, DPPM UII dikembangkan melalui mekanisme koordinasi Bidang I UII, yaitu bidang yang dipimpin oleh Wakil Rektor I.

DPPM UII merupakan wadah bagi sivitas akademika untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat. Menghadapi dinamika animo mahasiswa yang mendaftar ke UII mangalami pasang surut dan tuntutan perkembanagan masyarakat yang begitu dinamis, maka UII telah menegaskan posisinya untuk berupaya meletakkan dasar menuju universitas riset (research university). Universitas riset dapat diartikan sebagai banyaknya hasil-hasil riset yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas, tetapi dapat juga sebagai ukuran banyaknya lulusan doktor yang dapat dicetak oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Sebagai upaya untuk mencapai optimalisasi perannya sebagai wadah bagi civitas akademika dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, DPPM melakukan sinergi dengan berbagai komponen masyarakat maupun institusi untuk bekerjasama dalam pengembangan pola dan konsepsi penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

 B. VISI DAN MISI DPPM UII

■ Visi

Menjadi Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dengan produktivitas dan kualitas tinggi serta mampu merespon kebutuhan masyarakat dan memberikan kemaslahatan kepada umat. dengan mengamalkan prinsip berilmu amaliah dan beramal ilmiah.

■ Misi

  1. Melakukan upaya peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian yang dapat menunjang pengembangan pengetahuan dan pembangunan.
  2. Menghasilkan produk penelitian yang memiliki kontrubusi akademik kepada masyarakat.
  3. Melakukan upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mewarnai kehidupan masyarakat melalui kegiatan KKN.

 

 C. TUGAS POKOK DAN FUNGSI DPPM UII

  1. Sebagai mediator secara institusi yang menghubungkan demand dan supply, problem dan solusi masyarakat dengan UII.
  2. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk kepentingan masyarakat.
  3. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang sains dan teknologi, serta sosial dan humaniora kepada masyarakat.

 

 D. ARAH STRATEGI PENGEMBANGAN DPPM UII

Kebijakan penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan DPPM diarahkan kepada upaya untuk mengangkat derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat, bersifat humanistik dan mencerminkan nilai-nilai Islami, serta menuju kepada penciptaan green urbanization dalam merespon fenomena pemanasan global. Dalam mencapai Visi dan Misinya tersebut, DPPM UII melakukan upaya-upaya strategis sebagai berikut:

  1. Meningkatkan profesionalisme dan integritas tenaga peneliti
  2. Meningkatkan program penelitian dan pengkajian yang berkualitas unggul
  3. Meningkatkan kerjasama penelitian dan pengkajian dengan berbagai institusi
  4. Melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  5. Menguatkan kapasitas manajemen organisasi
  6. Meningkatkan sarana dan prasarana organisasi
  7. Mengupayakan ketersediaan data berbasis teknologi informasi.

 

 E. PROGRAM KEGIATAN DPPM UII

Secara garis besar program kegiatan yang dilakukan oleh DPPM adalah:

  1. Penelitian Bidang Sosial Humaniora dan Sains-Teknologi. Kegiatan ini bersifat reguler yang bertujuan untuk memfasilitasi dosen dan peneliti dalam melakukan kegiatan penelitian. Adapun kebijakan penelitian di lingkungan DPPM diarahkan kepada penelitian yang dapat mengangkat derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat, bersifat humanistik dan mencerminkan nilai nilai Islami. Secara umum, penelitian yang diselenggarakan di DPPM UII meliputi:
  • Penelitian Bidang Sosial dan Humaniora
  • Penelitian Bidang Sains dan Teknologi
  • Penelitian Bidang Jender
  • Penelitian Bidang Lingkungan Hidup
  • Penelitian Bidang Kesehatan
  1. Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengabdikan karya dosen dan peneliti bagi masyarakat sebagai wujud implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini bersifat terbuka setiap waktu bagi dosen dan peneliti di lingkungan Universitas Islam Indonesia.
  1. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di UII telah dimulai sejak tahun 1978. Adapun model pelaksanaan KKN selama ini mencakup lima (5) altematif, yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan kelonggaran waktu dan kecenderungannya. Kelima macam alternatif model KKN tersebut adalah Reguler 1 dan Reguler 2. Dalam perkembangan berikutnya, model KKN mahasiswa tersebut disinergikan dengan kegiatan penelitian dengan penambahan dua (2) model KKN baru, yaitu: KKN yang berbasis pengabdian masyarakat, dan KKN tematik.
  1. Renstra Penelitian dan Renstra Pengabdian Masyarakat UII 2016-2020

Rencana Strategis (Renstra) Penelitian UII 2016-2020 adalah sebuah pedoman dan arahan kebijakan bagi pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah digariskan oleh UII. Penyusunan  Renstra Penelitian dan Renstra Pengabdian Masyarakat UII 2016-2020 ini berlandaskan lima aspek utama, yaitu Visi dan Misi UII, riwayat perkembangan dan capaian, peran unit kerja pengelola, potensi sumber daya, dan pengembangan kapasitas. Renstra Renstra Penelitian dan Renstra Pengabdian Masyarakat  UII 2016-2020 memiliki orientasi menuju “Peningkatan Kehidupan Masyarakat Madani dan Lestari” (baldatun thoyibatun wa-robbun ghofur), yang selaras dengan cita-cita luhur para pendiri UII. Adapun fokus pengembangannya tertuang dalam 7 peta jalan (road-map) bidang-bidang unggulan, yaitu:

  1. Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Hidup Islami
  2. Sistem Penyelenggaraan Negara Anti Kejahatan Kemanusiaan Berbasis Keadilan
  3. Pengembangan Industri Ekonomi Kreatif Berbasis Wirausaha dan Etika Berdaya Saing Global
  4. Pengembangan Permukiman yang Cerdas, Lestari, dan Tanggap Bencana
  5. Pengembangan Virtual Environment (VE) untuk Pendidikan, Pemerintahan, dan Bisnis
  6. Pengembangan Teknologi Kesehatan untuk Pencegahan, Diagnostik, dan Terapeutik
  7. Pengembangan Minyak Atsiri dan Fitofarmaka untuk Peningkatan Kesehatan

F. PRESTASI DAN KAPASITAS DPPM UII

Berdasarkan hasil penilaian Kinerja Penelitian tahun 2016 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEK DIKTI), UII masuk dalam Klaster Perguruan Tinggi Mandiri, yakni sebagai Perguruan Tinggi Suwasta dengan Peringkat 1 bidang Kinerja Penelitian di Indonesia dan Peringkat 16 jika disejajarkan dengan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Hasil penilaian tersebut berbasis semua data Kinerja Penelitian selama 3 tahun yakni 2013, 2014, dan 2015, mulai dari Kelembagaan Penelitian, Renstra Penelitian, Sumber Daya Manusia/Perisetnya, Sarana Pendukung Penelitian, Manajemen/Tata Kelola Penelitian, Penelitian yang Dibiayai Pihak Luar baik dalam Negeri maupun Luar Negeri, Luaran Hasil Penelitian Berupa Publikasi di Jurnal Nasional dan Internasional, sebagi Pemakalah/Presentasi di Forum Ilmiah Nasional Maupun Internasional, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Buku Ajar/Teks yang Dihasilkan, Luaran Lain berupa Model/Prototype/Desain/Karya Seni/Rekayasa Sosial/Teknologi Tepat Guna (TTG)/Kebijakan, dan lain-lain (lihat Tabel 1).

Selain Kinerja Penelitian tahun 2016, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEK DIKTI) juga melakukan penilaian terhadap Kinerja Pengabdian Masyarakat UII tahun 2017. Penilaian ini berbasis semua data Kinerja Pengabdian Masyarakat UII selama 3 tahun yakni 2013, 2014, dan 2015, mulai dari Kelembagaan Pengabdian Masyarakat, Renstra Pengabdian Masyarakat, Sumber Daya Manusia/Pelaksana, Sarana Pendukung Pengabdian Masyarakat, Manajemen/Tata Kelola Pengabdian Masyarakat, Pengabdian Masyarakat yang Dibiayai Pihak Luar baik dalam Negeri maupun Luar Negeri, Luaran Hasil Pengabdian Masyarakat berupa Publikasi di Jurnal Nasional dan Internasional, sebagi Pemakalah/Presentasi di Forum Ilmiah Nasional Maupun Internasional, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Buku Ajar/Teks yang Dihasilkan, Luaran Lain berupa Model/Prototype/Desain/Karya Seni/Rekayasa Sosial/Teknologi Tepat Guna (TTG)/Kebijakan, dan lain-lain (lihat Tabel 2).

Tabel 1. Track Record dan Kapasitas Lembaga Periset berdasarkan Data Penilaian Kinerja Penelitian UII oleh RISTEKDIKTI 2016

No. Kinerja Penelitian UII 2013 2014 2015 Total
1 Dosen Perguruan Tinggi

(Data Dosen Peneliti Aktif Perguruan Tinggi)

592 606 742 1940
2 Peneliti Asing

(Data Dosen Peneliti Asing Penelitian )

25 22 81 128
3 Staf Pendukung

(Data Staf Pendukung kegiatan Penelitian)

68 76 146 290
4 Unit Fasilitas Penunjang

(Data Unit Fasilitas Penunjang yang dimiliki Perguruan Tinggi)

99 161 371 631
5 Hibah Ditlitabmas

(Data penelitian yang didanai oleh Ditlitabmas)

40 48 60 148
6 Hibah Non Ditlitabmas

(Data penelitian dana di luar Ditlitabmas)

195 239 409 843
7 Penyelenggaraan Forum Ilmiah

(Data Penyelenggaraan Forum Ilmiah)

76 151 345 572
8 Publikasi Jurnal

(Data Publikasi Jurnal Nasional dan Internasional)

97 113 177 387
9 Buku Ajar / Teks

(Data Buku Ajar / Teks)

54 48 52 154
10 Pemakalah Forum Ilmiah

(Data Pemakalah Forum Ilmiah)

109 261 384 754
11 Hak Kekayaan Intelektual

Data Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

9 10 29 48
12 Luaran Lain ***

(Model/Prototype/Desain/Karya Seni/Rekayasa Sosial/Teknologi Tepat Guna TTG/Kebijakan )

15 17 17 49
13 Kontrak Kerja

(Data Non Penelitian / Kontrak Kerja)

42 32 74 148
14 Unit Bisnis Hasil Riset

(Data Unit Bisnis Hasil Riset)

14 14 28 56

Tabel 1. Track Record dan Kapasitas Lembaga Periset berdasarkan Data Penilaian Kinerja Pengabdian Masyarakat UII oleh RISTEKDIKTI 2017

No. Kinerja Pengabdian Masyarakat UII 2013 2014 2015 Total
1 Pengabdian Dana DRPM

(Kegiatan Pengabdian yang dibiayai)

7 4 8 19
2 Pengabdian Dana Non DRPM 126 123 151 400
3 Unit Usaha Kampus 31 19 23 73
4 Unit Fasilitas Penunjang

(Laboratorium dan fasilitas lain)

0 0 0 31
5 Publikasi di Jurnal

(Nasional dan Internasional)

72 69 76 217
6 Publikasi di Media Massa 145 114 170 429
7 Pemakalah di Forum Ilmiah

(Nasional dan Internasional)

60 77 101 238
8 Hak Kekayaan Intelektual

(Paten dan Hak Cipta)

5 8 18 31
9 Luaran Iptek Lainnya

(TTG/Prototype/desain/rekayasa social dll)

46 65 58 169
10 Produk Terstandarisasi 3 5 4 12
11 Produk Tersertifikasi 3 5 4 12
12 Mitra Berbadan Hukum 26 23 30 79
13 Buku 35 31 49 115

Gambar 1. Sertifikat ISO Lembaga Periset

 

G. MANAJEMEN DPPM UII

Direktur DPPM UII:

Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D. ( NIK: 956110101 )

Email: akhmad.fauzy@uii.ac.id

 

Kepala Pusat Sains dan Teknologi (Kapus PPST):

Dr. Yulianto Purwono Prihatmaji ( NIK: 995120101 )

Email: prihatmaji@uii.ac.id

 

Kepala Pusat Sosial dan Humaniora (Kapus PPSH):

Dr. Sahabudin Sidiq, SE., MA. ( NIK: 933130102 )

Email: sahabuddin.sidiq@uii.ac.id

 

Kepala Pusat Kuliah Kerja Nyata (Kapus KKN):

Dr. Unggul Priyadi, M.Si. ( NIK: 883130101 )

Email: unggul.priyadi@uii.ac.id

 

Koordinator Bidang Penelitian Eksternal dan Pengembangan:

Feris Firdaus, S.Si., M.Sc. ( NIK: 161001303)

Email: feris.firdaus@uii.ac.id

 

Koordinator Bidang Penelitian Internal:

Winarna, A.Md.

 

Koordinator Bidang Pengabdian Masyarakat:

Bambang Subekti, ST.

 

Bidang Kuliah Kerja Nyata (KKN):

Soni Laksono, ST.

Wahyu Widayanto, ST.

Logi Ujiasari, SE.

Phigura Agung Wicaksono, SE.

 

Urusan Keuangan, Sekretariat dan Teknologi Informasi:

Retno Farida, A.Md.

Mei Nurvitasari

Sumarno, S.Kom.

Ronny Martin Saputra, S.Kom.

 

Direktur DPPM UII,

ttd.

Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D.

NIK: 956110101