Massage from Director

 

Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai institusi perguruan tinggi melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) menjadikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu ujung tombak dalam merealisasikan tujuan UII yaitu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat (rahmatallil’alamin) sekaligus sebagai pengembangan universitas. Hal ini sekaligus perwujudan dari Catur Dharma UII yang mencakup kegiatan penelitian dan pengabdian  kepada masyarakat. DPPM adalah unsur pelaksana akademik yang mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta ikut membangun kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan. Sejak berdirinya, DPPM UII telah memfasilitasi dan mendorong sivitas akademika di lingkungan UII untuk mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat, baik secara berkelompok maupun individu. Untuk melaksanakan tugas, fungsi dan batasan program tersebut, DPPM UII dikembangkan melalui mekanisme koordinasi Bidang I (bidang akademik) yang dipimpin oleh Wakil Rektor I.

DPPM UII merupakan wadah bagi sivitas akademika untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat. Menghadapi dinamika animo mahasiswa yang mendaftar ke UII mangalami pasang surut dan tuntutan perkembanagan masyarakat yang begitu dinamis, maka UII telah menegaskan posisinya untuk berupaya meletakkan dasar menuju universitas riset (research university). Universitas riset dapat diartikan sebagai banyaknya hasil-hasil riset yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas, tetapi dapat juga sebagai ukuran banyaknya lulusan doktor yang dapat dicetak oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Sebagai upaya untuk mencapai optimalisasi perannya sebagai wadah bagi civitas akademika dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, DPPM melakukan sinergi dengan berbagai komponen masyarakat maupun institusi untuk bekerjasama dalam pengembangan pola dan konsepsi penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam beberapa tahun ini (2016/2017) Kementerian Reset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengumumkan hasil assessment dan evaluasi pemeringkatan Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat terhadap perguruan tinggi secara nasional yang menghantarkan UII sebagi perguruan tinggi dalam klaster Mandiri dengan Peringkat Kinerja Penelitian Terbaik di Level PTS nasional dan peringkat 16 di level PTS-PTN nasional. Adapun Peringkat Kinerja Pengabdian Masyarakat, UII berada di posisi Terbaik untuk level PTS nasional dan peringkat 4 di level PTS-PTN nasional. Capaian tersebut semakin memantabkan langkah DPPM UII untuk semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas program penelitian dan pengabdian masyarakat serta luarannya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas baik di level nasional maupun internasionaal.

DPPM UII setiap tahunnya memiliki berbagai program pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan dan dapat diikuti oleh semua dosen, mahasiswa, pustakawan, laboran serta masyarakat umum secara nasional. Diantara program pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut adalah menyediakan dana hibah kompetisis penelitian dan pengabdian masyarakat untuk stake holder internal UII baik dosen yang berkolaborasi dengan mahasiswa maupun pustakawan dan laboran. Sebagai acuan dan panduan dalam merancang proposal penelitian maupun pengabdian masyarakat, DPPM UII memfasilitasi dengan Renstra Penelitian 2016-2020 dan Renstra Pengabdian Masyarakat 2016-2020 serta Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang terbaru 2018. Selain itu banyak sekali program pengembangan lainnya yang mendukung capaian kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan DPPM UII dan dapat diikuti semua stake holder baik internal UII maupun luar UII, diantaranya adalah Seminar Nasional Hasil Penelitian Dosen sesuai 7 bidang unggulan dalam Renstra, workshop pengembangan metodologi penelitian untuk dosen pemula, laboran dan pustakawan, workshop pengembangan dan penguatan desa mandiri, pengembangan perluasan, penguatan dan pemberdayaan potensi desa mitra pengabdian masyarakat, workshop pengembangan dan pendampingan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristekdikti, Diktis, dan lembaga funding lainnya.  Semua program pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut terlampir dalam Kalender Program Pengembangan DPPM UII 2018.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga kehadiran DPPM UII semakin meningkatkan peran serta UII dalam mewujudkan Visi dan Misi nya sebagai rahmat bagi seru sekalian alam (rahmatan lil alamin).